«

Film: Lutung Kasarung (1983)

»

"Lutung Kasarung" merupakan legenda dari Jawa Barat ini dikisahkan demikian: Di kayangan, di kalangan para dewa, Guru Minda yang kemudian menjadi Lutung Kasarung ditenung oleh ibunya sendiri, Sunan Ambu, karena menginginkan jadi manusia dan beristeri yang secantik ibunya. Maka ia berubah menjadi seekor lutung. Ia akan berubah menjadi manusia kembali bila nanti bertemu dengan wanita yang mencintainya.

Di bumi, di kerajaan Galuh, Purbasari, putri Raja Galuh dari permaisuri, dibuang ke hutan atas kedengkian saudara-saudaranya sendiri, terutama Purbalarang, putri raja juga tapi dari selir, yang berambisi mewarisi tahta kerajaan bersama suaminya, Indra. Di hutan itu ia jumpa dan berteman dengan Lutung Kasarung, yang banyak membantunya dan ketika Purbasari menyatakan cintanya, langsung berubah jadi manusia. Aki Panyumpit yang ditugasi mencari tumbal seekor lutung ke hutan bertemu dengan Guru Minda. Lutung yang bisa menjelma menjadi manusia itu bersedia menjadi tumbal kerajaan Galuh.

Ketika lutung mau dibunuh, seketika itu pula ia berbalik menyerang tentara kerajaan. Purbalarang semakin murka dan menyuruh Mangkubumi untuk menemui Purbasari, agar puteri pewaris kerajaan itu bisa membendung danau Sipatahunan. Ternyata pekerjaan itu dapat dipenuhi karena bantuan Lutung. Kini giliran Purbasari menuntut hak pada Purbalarang. Diwarnai dengan pertarungan seru, akhirnya Purbasari dan Guru Minda kembali, menuntut tahta yang jadi haknya dan memegang tampuk kekuasaan.

Jenis Film Legend
Tanggal Rilis: 1983
Negara Indonesia
Produksi PT Inem Film
Durasi 83 menit
Catatan
Legenda ini difilmkan tiga kali, yakni 1926, 1952, dan 1983.
Kopi VHS judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.

Keyword: Lutung Kasarung, Avent Christie, BZ Kadaryono, Enny Beatrice, Erna Santoso, Essen, Godfried Sancho, Hadisjam Tahax, Indonesia, Johan Saimima,


Film Terkait

Informasi Terkait


Komentar