«

Dion Wiyoko Bicara Tentang Kontraversi Film "Hijab"

»

Setelah berdu akting dengan Chelsea Islan" href="https://layarfilm.com/name/24/chelsea-islan">Chelsea Islan dalam film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014), tak lama berselang, film Dion Wiyoko yang berjudul Hijab juga tayang di bioskop.

Setelah tayang beberapa lama, film garapan sutrdara Hanung Bramantyo ini ternyata memicu suatu kontroversi. Dion Wiyoko yang berperan sebagai kekasih Anin (Natasha Rizki) mengaku sempat heran dengan adanya kontroversi yang muncul pada film drama komedi tersebut. Menurutnya, film tersebut tidak menjelek-jelekan agama apapun dan murni film komedi.

"Gue tuh bingung apa yang dikontroversiin itu sih sebenernya. Kalau dari segi pandang gue, itu nggak ada menjelek-jelekan Islam gitu. Malah itu real, kenyataan, bisa ditemuin sehari-hari, dan message-nya itu malah lebih ke positif gitu, nggak ke negatif gitu,"? ungkap Dion.

Malah ketua PP Muhamadiyah, Din Syamsuddin, juga memberikan komentar positif untuk film ini. Selain itu, komentar positif juga banyak datang dari orang-orang yang ahli dibidang film juga blogger-blogger film. Mengutip pernyataan orang-orang yang komentar tentang film Hijab, Dion Wiyoko mengatakan film ini merupakan suatu regenerasi dari karya-karya Hanung yang bergenre komedi, setelah Jomblo (2006) dan Catatan Akhir Sekolah (2005).

"Ini muncul lagi yang betul-betul fresh, bener-bener komedi yang bener-bener smart comedy, benar-benar nggak ada slapstick gitu,"? tambah aktor yang pernah bermain di film Serigala Terakhir (2009).

Bertanya-tanya dengan kontroversi tersebut, Dion jadi heran, mengapa setiap karya Hanung Bramantyo selalu memicu kontroversi. Sebut saja film Indonesia Merdeka" href="https://layarfilm.com/movie/603/soekarno-indonesia-merdeka">Soekarno: Indonesia Merdeka (2013), serta Tanda Tanya (2011). Bahkan film terbaru Hanung yang baru akan tayang, 2014, sudah ramai akan menimbulkan kontroversi. "Apa karena ini (Film Hijab) karyanya Mas Hanung dan orang gatel pengen komen negatif,"? ucapnya.

Untuk memperjelas masalah ini, pihak film Hijab yang diwakili Zaskia Adya Mecca dan Haykal Kamil juga telah melakukan konferensi pers. Dion yang saat itu tak hadir, mengatakan film Hijab merupakan suatu hiburan untuk para penikmat film Indonesia. Film ini tidak menggurui juga tak bertujuan mengajak perempuan muslim menggunakan hijab. "Orang kan mau berhijab atau nggak itu udah balik lagi hidayah diri itu kan. Tapi buat gue yang bukan muslim, itu fun banget. Itu gue nonton bisa ketawa, lucu gitu. nggak ngerti gitu kontroversi dimanannya, " ungkapnya.

Walaupun ramai memicu kontroversi, Dion tidak mendapat dampaknya secara langsung. "Untuk guenya sendiri nggak ada feedback-nya di twitter atau di sosial media. 'Wah, lo ko gitu sih filmnya', nggak sih nggak ada. Malah sih bagus-bagus aja,"? tutupnya.


Keyword: Hijab, Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, Soekarno: Indonesia Merdeka, Catatan Akhir Sekolah, Serigala Terakhir, Jomblo, Comedy, Drama, Komedi, Indonesia,




Komentar