«

Film: Jayaprana (1983)

»

"Jayaprana" mengisahkan tentang Perompak yang mengacau di kerajaan Buleleng, berhasil ditumpas oleh Jayaprana. Atas jasanya ini Jayaprana diangkat jadi panglima muda oleh Raja. Pengangkatan ini menimbulkan rasa tak senang panglima-panglima lain yang sudah lebih senior, tapi raja tetap kukuh pada pendiriannya.

Jayaprana bahkan disuruh mencari istri sebagai pendamping. Layonsari yang dijadikan istri Jayaprana, ternyata ditaksir juga oleh Raja. Kesempatan ini digunakan oleh para panglima senior untuk menyingkirkan Jayaprana. Raja lalu menyuruh Jayaprana menumpas perompak di wilayah lain. Di sini Jayaprana sadar akan tipu muslihat raja. Ia minta dibunuh dengan kerisnya sendiri. Raja lalu melamar Layonsari, sambil memperlihatkan keris Jayaprana bahwa yang bersangkutan sudah meninggal. Layonsari bunuh diri. Raja jadi gila, membunuhi pengawal dan panglimanya. Raja juga terbunuh sendiri.


Keyword: Jayaprana, Alim Bachtiar, Arya Jimbaran, BZ Kadaryono, Cherry Ivonne, Delsy Syamsumar, IGL Jagat Karana, Indonesia, Johan Saimima, Kamsul Chandrajaya,


Film Terkait

Informasi Terkait


Komentar