«

Film: Sunan Gunung Jati (1985)

»

Meski tokoh ini adalah tokoh sejarah dan satu dari sembilan wali di Jawa, namun pendekatan film "Sunan Gunung Jati" lebih menjurus pada legenda. Sunan Gunung Jati alias Syarif Hidayatullah, dalam film ini dikisahkan sebagai cucu Prabu Siliwangi yang sejak kecil bermukim di Mesir bersama orang tuanya. Ibunya ingin ia mengabdikan diri untuk syiar agama di tanah kelahirannya, Cirebon. Berbagai mujizat untuk menolong rakyat Cirebon dilakukannya, sambil untuk meyakinkan pentingnya percaya pada Allah.

Kemudian ia diangkat sebagai tumenggung. Pada posisi ini ia terpaksa berhadapan dengan Raja Cakraningrat dari kerajaan Galuh. Sunan tak mau lagi memberi upeti. Peperangan terjadi. Sunan dibantu pula oleh Sultan Demak, Tranggono. Karena Cakraningrat tak bisa kalah, Sunan mengutus Nyimas Gandasari, muridnya, untuk mencuri jimat kesaktian Cakraningrat. Maka kesaktian Sunan mengakhiri perang.


Keyword: Sunan Gunung Jati, Abdurachman Saleh, Ade Irawan, Advent Bangun, Alim Bachtiar, Baron Hermanto, Bay Isbahi, Dolf Damora, Indonesia, Johan Saimima,



Film Terkait

Informasi Terkait


Komentar