«

Film: Kuldesak (1997)

»

Ada empat "cerita" yang satu dengan lainnya tak ada kaitannya, kecuali bahwa seluruh "cerita" tadi bermaksud melukiskan dunia remaja masa kini dari kacamata remaja itu sendiri. Suatu dunia yang sering sukar dipahami generasi lainnya yang lebih tua. Empat tokoh dari cerita tadi masing-masing punya impian, keinginan, obsesi dan masalah masing-masing, yang umumnya tidak kesampaian.

Yang unik dari film ini adalah bentuk yang digunakannya hingga dia betul-betul menjadi "isi" dunia remaja itu. Bentuk itu sangat dekat dengan gaya videoklip yang sering tampil di MTV. Sebuah film yang betul-betul "lepas" kaitannya dari sejarah film Indonesia sebelumnya. Keberhasilan film ini menampilkan dunia remaja yang seolah-olah berada dalam dunia realitas dan dunia maya (virtual) sekaligus, seolah-olah bebas nilai. Para pembuat film juga seolah tidak bersikap dalam soal bebas nilai ini. Mereka hanya menyodorkannya begitu saja.

Jenis Film Drama
Tanggal Rilis: 1997
Negara Indonesia
Produksi PT Mediatama Inisiatif Lensa Karya
Durasi 103 menit
Catatan Film ini dibuat secara patungan oleh para sutradaranya dengan cara membiayainya sendiri, meski akhirnya datang juga beberapa sumbangan dari RCTI dan Hubert Bals Fund. Para pemainnya bahkan tidak dibayar.

Posters



Keyword: Adi Nugroho, Bianca Adinegoro, Bucek Depp, Dik Doank, Drama, Farid Ganio, Gala Rostamaji, Harry Suharyadi, Indonesia, Iwa k, Maya Lubis,



Komentar