«

Film: Janur Kuning (1979)

»

"Janur Kuning" merupakan sebuah kisah peperangan di Yogya yang kemudian terkenal dengan sebutan Serangan Umum 1 Maret, yang melibatkan banyak tokoh yang kemudian berjasa, seperti Soeharto dan Sudirman. Film kolosal ini mengetengahkan perjuangan fisik di sekitar penyerbuan lapangan udara Maguwo oleh Belanda, dan perebutan kota Yogya yang dipimpin oleh Letkol Soeharto. Tokoh inilah yang menjadi tokoh sentral dan banyak diceritakan perannya dalam perang itu. Namun, ia tak sampai menjadi tokoh utuh, karena karakternya disampaikan hanya satu sisi saja. Film panjang ini lebih bersifat dokumentasi.

Jenis Film War
Tanggal Rilis: 1979
Negara Indonesia
Produksi PT Metro 77
Durasi 127 menit
Catatan Film kedua tentang peristiwa Serangan Umum 1 Maret. Film dengan biaya termahal di zamannya, sekitar Rp 375 juta. Sempat macet sebulan saat shooting, karena kehabisan biaya.
Kopi 35 mm / VCD / DVD judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.Kopi 35 mm judul ini dapat diakses dari Koleksi Sinematek Indonesia.

Keyword: Janur Kuning, Abbas Wiranatakusuma, Alam Surawidjaja, Amak Baldjun, Anny Kusumah, Arto Hady, Azwar An, Deddy Sutomo, Dian Anggrianie D, Dicky Zulkarnaen,


Film Terkait

Informasi Terkait


Komentar