«

Film: Mata Tertutup (2012)

»

Tiga cerita tentang wajah kehidupan beragama di Indonesia. Ada Rima (Eka Nusa Pertiwi), seorang gadis yang sedang gundah dalam pencarian identitas. Dalam kegamangannya, ia terlibat dalam NII. Ada Jabir (M. Dinu Imansyah), seorang remaja yang menjadi pengebom bunuh diri karena terdorong oleh kondisi keluarga dan kesulitan ekonomi.

Ada juga Asimah (Jajang C. Noer), seorang ibu yang kehilangan anak satu-satunya: Aini. Anaknya menjadi menjadi korban penculikan orang-orang dari kelompok Islam Fundamentalis. Penculikan itu berlangsung ketika Asimah tengah berada pada proses perceraian. Asimah kian frustasi jadinya.

Jenis Film Drama
Tanggal Rilis: 15 March 2012
Negara Indonesia
Produksi SET Film, Maarif Production
Durasi 120 menit
Catatan Pembuatan film ini menggunakan kamera foto Canon 5D dan pemain-pemain "amatir" yang baru pertama kali bermain film kecuali Jajang C Noer. Biaya produksinya sangat murah, konon sekitar Rp 600 juta. Waktu pengambilan gambar: sembilan hari. Seluruh copy yang ditayangkan di bioskop berbentuk Digital Cinema Package (DCP). Film ini dimaksud sebagai propaganda antikekerasan dan antifundamentalisme. Untuk itu film ini akan ditayangkan secara digital di sekolah-sekolah, dan pusat-pusat kebudayaan.

Posters



Keyword: Andryani Isna, Asaf Antariksa, Drama, Dyah Arum, Eka Nusa Pertiwi, Endang Tirtana, Garin Nugroho, Ign Wahono, Indonesia, Jajang C Noer, Kedung Darma r




Komentar