«

Film: Misteri Banyuwangi (Dukun Santet) (1998)

»

Ratmono (Arif Terikasan) terpikat seorang penari gandrung Banyuwangi dan menceraikan istrinya. Niat untuk mengawini sang penari malam membuatnya habis harta dan terlunta-lunta, hingga gantung diri. Peristiwa ini menambah kebencian penduduk desa terhadap dukun santet, bahkan bersepakat untuk mengusir pada dukun itu. Mereka dihalangi ustad Sutar (Anton Yanuar).

Tiba-tiba desa geger karena pembunuhan berantai terhadap orang yang dianggap sebagai dukun santet. Sementara pihak berwajib memberikan keterangan samar-samar, pembunuhan "beralih" ke para kiai yang dilakukan oleh orang-orang berseragam hitam-hitam dan menggunakan tutup muka (ninja). Ustad juga diteror lewat telpon, bahkan pernah diserang. Ia lolos karena punya ilmu bela diri. Pihak berwajib malah mengatakan bahwa tidak ada ninja. Amuk massa juga terjadi.

Peristiwa ini tetap misterius, karena di akhir film tidak terungkap masalahnya. Secara simbolis film ditutup dengan seorang bocah membawa bendera merah-putih bersama teman-temannya.

Jenis Film Mistic
Tanggal Rilis: 1998
Negara Indonesia
Produksi PT Andalas Kencana Film
Durasi 81 menit
Catatan Berangkat dari peristiwa nyata yang juga belum terungkap masalahnya pada tahun 1998 di Banyuwangi. Ada film lain yang direncanakan dengan judul Tragedi Banyuwangi, tapi tak jelas nasibnya.

Keyword: Anton Yanuar, Arif Terikasan, Dino, Erni Melati, Grace Suwandi, Indonesia, Madhu S Mahtani, Mistic, PT Andalas Kencana Film, Rengga Takengon, Wa



Film Terkait

Informasi Terkait


Komentar